Kamu Harus Tahu, Berikut Makanan yang Tidak Boleh Dimakan saat Haid

No Comments

Sebagian wanita merasa tidak nyaman saat haid karena gejala-gejala yang muncul seperti kram perut dan mual. Akibatnya wanita haid tidak bisa menikmati aktivitas secara normal. Agar gejala tersebut tidak parah, wanita harus memperhatikan minuman atau makanan yang tidak boleh dimakan saat haid.

Terdapat beberapa makanan yang sebaiknya dihindari selama haid. Apa saja makanan yang tidak boleh dimakan saat haid? Berikut adalah jawabannya!

Kondisi pencernaan saat haid

Saat haid, rahim wanita mengalami kontraksi karena zat prostaglandin yang juga memberikan pengaruh pada usus. Akibatnya, tidak jarang wanita mengalami diare sebelum haid maupun saat haid berlangsung. 

Selain itu, peningkatan hormon progesteron juga memicu gangguan sistem pencernaan pada tubuh. Oleh karena itu, sangat umum perut terasa begah hingga diare terjadi pada wanita selama haid.

Makanan yang tidak boleh dimakan saat haid

Sayangnya tidak semua makanan bisa dikonsumsi selama haid berlangsung. Sebab beberapa makanan bisa menimbulkan kram perut bahkan memperparah nyeri tersebut. Agar kamu tidak mengalami kram perut yang menyakitkan, hindari beberapa makanan di bawah ini:

1. Makanan tinggi gula

Makanan yang mengandung gula tinggi bisa menyumbang peningkatan energi secara mendadak sehingga bisa merubah kondisi atau suasana hati dalam waktu singkat. 

Agar kamu tetap tenang selama haid, sebaiknya kamu tidak mengkonsumsi makanan yang mengandung gula secara  berlebihan.

2. Makanan tinggi garam

Sama halnya dengan gula, kandungan garam yang tinggi juga harus dihindari oleh wanita haid. Sebab garam bisa memicu perut kembung karena penumpukan air pada perut. Jadi, hindari makanan dengan kandungan garam yang tinggi seperti makanan cepat saji.

3. Minuman kafein

Jika kamu pecinta kopi, sebaiknya kamu libur minum kopi selama haid. Kafein pada kopi bisa menyebabkan masalah pencernaan sehingga nyeri pada perut juga makin parah.

4. Minuman alkohol

Minuman alkohol tidak baik dikonsumsi saat haid. Sebab alkohol bisa menyumbang nyeri kepala karena dehidrasi. Minumlah air putih agar gejala seperti perut kembung dan nyeri perut mereda.

5. Makanan atau minuman olahan susu

Meski susu sehat bagi tubuh, ternyata olahan susu kurang baik dikonsumsi selama haid. Hal ini karena susu memiliki kandungan asam arakidonat yang bisa memicu kram perut saat haid. Tidak semua makanan nikmat di lidah dilarang dikonsumsi.

Banyak mitos dan fakta yang tersebar di masyarakat bahwa beberapa makanan tidak boleh dikonsumsi seperti minum air es atau dingin. Padahal minuman dingin tidak memberi efek samping selama haid, namun gula berlebihan yang biasa dihidangkan dengan air es bisa menyumbang rasa perih pada perut. 

Tips makanan sehat saat haid

Agar harimu tetap terasa menyenangkan bebas dari nyeri perut, lakukan tips-tips makanan sehat saat haid berikut ini:

  • Makan sayur dan buah
  • Minum minuman herbal seperti jahe
  • Konsumsi omega 3
  • Konsumsi makanan mengandung protein tinggi

Demikian ulasan mengenai makanan dan minuman yang dilarang saat haid. Pastikan kamu konsumsi makanan yang sehat dan bergizi agar kram perut hilang. 

Categories: Kesehatan Wanita

Leave a Reply

Your email address will not be published.